Hendri Sutadinata Maya Muncar - Belajar Team Work dari Kawanan Sarden

Hendri Sutadinata Maya Muncar
Hendri Sutadinata Maya Muncar
Team work memiliki peran sangat penting untuk sebuah instansi atau pemerintahan, tanpa adanya team work suatu perusahaan tidak akan berjalan dengan sukses.Menurut Hendri Sutadinata Maya Muncar , kita dapat belajar arti team work dari kawanan ikan sarden, beliau juga mengatakan bahwa ikan sarden adalah contoh yang paling tepat untuk menggambarkan team work, bayangkan saja, jika ikan sarden tidak berkelompok dan tidak bekerja sama dalam melindungi anggotanya, mungkin populasi ikan sarden sudah habis karena mudah dimangsa oleh predator.

Hendri Sutadinata Maya Muncar  juga berpendapat, apabila dalam suatu perusahaan tidak ada tim yang saling melindungi, dan semua karyawannya bertindak selfish, maka sudah dapat dipastikan perusahaan tersebut akan mengalami kegagalan atau bahkan bankrupt, karena beliau sendiri sudah banyak melihat tim dalam perusahaan yang justru main sikut-sikutan alias saling salah menyalahkan, dan fokus dengan ambisi masing-masing.

Kembali ke ikan sarden, Ikan sarden merupakan ikan yang cerdik, mereka mengandalkan kerja sama dan juga imajinasi untuk melawan serta menakut-nakuti predator. Beberapa tahun silam bahkan pengelompokan diri ikan-ikan sarden ini ditemukan di bawah permukaan laut Cebu, Philipina, dengan mengadopsi bentuk lumba-lumba sepanjang 80 kaki. Formasi menakjubkan kawanan sarden ini ditemukan fotografer, Steve De Neef, dan tentu saja hal tersebut merupakan sebuah teamwork dan naluri penyelamatan.

Hendri Sutadinata Maya Muncar menegaskan “ Saya memang pemilik perusahan sarden kaleng, tapi bukan berarti saya menyamakan team work dengan usaha saya , ini murni memang sarden menjadi contoh terbaik “ Ya seperti yang kita tahu, PT Maya Muncar miliknya bergerak di industri sarden kalengan.  “ Ada banyak sekali yang didapat jika kita menerapkan sistem team work, pertama kita dapat saling bertukar pikiran dan menambah pengalaman belajar yang lebih luas, kedua kita juga belajar arti kemudahan komunikasi, dan dengan tim lah kita mampu melakukan hal tersebut, ketiga adalah berbagi beban kerja, jika kita bersifat individualis maka kita cenderung akan menyimpan beban kerja sendiri, jatuhnya malah kita gagal, karena dengan berbagi kita bisa mendapat banyak masukan, dan juga pekerjaan terasa lebih ringan dan cepat selesai, lalu yang terakhir adalah dengan berkerja sama dalam tim, kita tidak akan pernah merasa jatuh, kita akan semakin bertumbuh dan kuat, tidak ada yang bisa menjatuhkan kita“ ungkapnya lebih detail.


Berikut yang bisa disampaikan oleh Hendri Sutadinata Maya Muncar, menurut pendapat Anda , seberapa pentingnya sebuah team work ? Jangan lupa berkomentar dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudahkah Anda Tahu Budaya Bisnis di Indonesia?

Ingin Menjadi Jutawan Saat Akhir Tahun, Baca Tips Ini !