Sudahkah Anda Tahu Budaya Bisnis di Indonesia?



Hendri Sutadinata CEO PT Maya MuncarDunia bisnis kini semakin berkembang pesat, tidak hanya di negara maju saja tetapi juga di negara berkembang seperti Indonesia. Sekarang ini sudah banyak trend bisnis baru yang bermunculan,berikut dengan para pebisnis mudanya.
Sama halnya dengan budaya lokal, bisnis pun memiliki budaya. Setiap negara memiliki budaya bisnis masing-masing, seperti Indonesia yang memperhatikan dengan detail cara membangun jaringan dan bersosialisasi dengan benar. Dan berikut adalah budaya bisnis yang ada di Indonesia,



1.       Saat Atur Jadwal Meeting
Di Indonesia, biasanya ketika hendak meeting mereka tidak memakai reminder. Untuk bertemu dengan klien pun beberapa orang bisa mengatur waktu seenaknya dan menyesuaikan dengan waktu luang. Waktu meeting pun bisa diundur atau dimajukan sesuai ketersediaan, sampai sekarang hal ini masih banyak terjadi di beberapa bisnis.

2.       Permasalahan Waktu
Meeting yang terkadang sudah ditentukan pun beberapa orang sering datang terlambat, mereka beralasan jalanan yang macet dan waktu yang dimiliki fleksibel. Bahkan, budaya bisnis Indonesia memaklumi seseorang dengan posisi tinggi untuk datang terlambat. Sekalipun hal tersebut tidak berlaku pada seseorang dengan posisi lebih rendah.

3.       Saat Di Ruang Meeting
Ada budaya bisnis Indonesia yang bisa terbilang unik, yaitu dimana saat memasuki ruang meeting orang dengan posisi paling tinggi harus memasuki ruangan dan disusul dengan posisi setelahnya hingga karyawan. Hal tersebut biasa dilakukan untuk menghormati atasan. Dan untuk meeting yang dilakukan oleh orang external, biasanya mereka menghindari duduk dekat pintu masuk. Namun menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, hal terpenting yang sebetulnya harus dilakukan saat rapat adalah untuk tidak membiarkan smartphone menyala di atas meja meeting. Hal tersebut akan membuat meeting terganggu dan anggota meeting lain merasa tidak dihargai keberadaannya.

4.       Pembagian Kartu Nama
Sebelum meeting dimulai, orang Indonesia akan membagikan atau saling bertukar kartu nama yang juga menunjukkan identitas bisnis/perusahaan. Pada saat pembagian dan penerimaan pun ada budayanya, yaitu saat membagikan harus menggunakan dua tangan dengan kepala menunduk. Bagi si penerima, saat menerima pun harus menggunakan tangan kanan dan diikuti dengan senyum agar suasana hangat dan terkesan sopan.

5.       Identitas Bisnis
Saat meeting, anggota meeting harus memakai pakaian formal untuk menunjukkan bahwa mereka orang yang profesional dalam bisnis. Beberapa perusahaan juga memberikan seragam untuk karyawannya untuk menunjukkan identitas bisnis atau perusahaan. Bisnis di Indonesia juga menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, terbukti bahwa saat hari jumat atau hari yang telah disepakati mereka kompak memakai batik.

6.       Waktu Negosiasi Yang Lama
Orang Indonesia biasanya sulit atau membutuhkan waktu lama untuk mencapai kesepakatan bisnis, negosiasi bahkan bisa berlangsung sangat lama. Mereka bahkan juga memerlukan banyak meeting untuk membahas masalah yang berhubungan dengan kesepakatan, hal tersebut dikarenakan mereka ingin sesuatu yang matang. Belum lagi, mereka biasanya meminta saran dari orang lain dan sangat berhati-hati saat partner bisnis mulai melakukan penekanan untuk memutuskan dengan cepat.

7.       Belum Begitu Bagus Dalam Segi Solusi
Jika ada keputusan atau kesepakatan yang telah disetujui, maka mereka akan setuju. Meskipun solusi yang disepakati bukan solusi terbaik, selagi semua pihak menyetujuinya maka hal tersebut bukanlah hal yang penting. Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, sayangnya orang Indonesia saat ini sangat bergantung pada keputusan senior. Dimana ketika senior setuju maka yang lain harus ikut setuju, hal itu demi menghargai senior dan kebanyakan beranggapan bahwa keputusan senior paling tepat karena memiliki pengalaman lebih banyak.

 Demikian adalah budaya bisnis di Indonesia menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, pada dasarnya hal diatas kembali lagi ke individu masing-masing. Beberapa perusahaan juga sudah banyak menerapkan peraturan yang ketat. Namun yang paling menonjol dari budaya bisnis orang Indonesia adalah sopan santun dan perasaan saling menghargai hubungan kerja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Belajar Team Work dari Kawanan Sarden

Ingin Menjadi Jutawan Saat Akhir Tahun, Baca Tips Ini !