Cara Bijak Menyikapi Perkembangan Teknologi

Hendri Sutadinata CEO PT Maya MuncarArus globalisasi yang sangat cepat memaksa kita untuk cepat juga dalam mengikutinya. Tertinggal sedikit maka akan sulit untuk mengejarnya, zaman sudah serba modern dan serba teknologi. Jika tidak peka terhadap perubahan teknologi yang kian maju maka Anda akan jauh tertinggal di belakang.

Namun dalam menggunakan teknologi Anda juga harus bijak, sebab teknologi pun memiliki dampak negatif dan positif. Dan berikut cara bijak dalam menanggapi kemajuan teknologi menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar,

1.      Tidak Mudah Percaya Isu dan Program Berhadiah
Semakin maju teknologi, maka kriminalitas juga meningkat. Banyak berita hoax yang tersebar dengan mudah dan juga program berhadiah tidak resmi yang banyak merugikan masyarakat.
Sebagai pengguna teknologi harusnya Anda lebih waspada. Jika ada nomor tidak dikenal dan memberikan hadiah padahal Anda tidak mengikuti program undian apapun, Anda patut untuk curiga. Sebagai masyarakat modern Anda seharusnya tidak mudah percaya dengan berita hoax yang justru bersifat menjatuhkan. Selalu saring apapun yang Anda baca di media.

2.      Gunakan Teknologi Dengan Positif
Ketika Anda sendiri tidak ingin ditipu, maka Anda juga jangan berusaha menggunakan kecanggihan teknologi untuk merugikan orang lain. Anda harus mampu membentengi diri untuk tidak melakukan tidak kejahatan agar Anda juga terlindung dari tindak kejahatan.

3.      Gunakan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran
Teknologi yang canggih juga memudahkan Anda untuk mendapat insight yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda. Informasi yang terdapat dalam internet mudah diakses, dan tentunya itu memudahkan Anda untuk memperbanyak ilmu.

4.      Jangan Ketergantungan Pada Gadget
Gadget memang alat komunikasi yang tak hanya canggih namun juga memberi kemudahan dalam mengakses segala sesuatu. Dengan kemudahan tersebut, banyak orang yang terlalu candu dan tidak peduli dengan orang disekitarnya.
Gunakan gadget seperlunya, jangan sampai Anda terlalu dimanjakan hingga ketergantungan dan mengurangi produktivitas Anda.

5.      Jangan Takut Untuk Melaporkan Kejadian Janggal
Ketika Anda merasa menjadi incaran tidak penipuan melalui internet atau telepon, Anda sebaiknya langsung melapor. Hal tersebut akan mengurangi jumlah korban dan membantu agar tidak ada korban selanjutnya.
Jika Anda menjumpai konten sara, porno  atau tindak asusila dan konten tidak pantas lainnya. Lakukan report, karena setiap social media pasti menyediakan tombol report.
Dengan begitu berarti Anda sudah ikut berkontribusi dalam kemajuan teknologi, dan mengurangi dampak negatifnya.

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar.

Sudah sepantasnya untuk Anda bersikap cerdas dan mampu untuk mengendalikan diri dalam pemanfaatan teknologi. Oleh kerena itu jangan berlebihan saat menggunakan teknologi, gunakanlah sesuai kebutuhan saja. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Belajar Team Work dari Kawanan Sarden

Ingin Menjadi Jutawan Saat Akhir Tahun, Baca Tips Ini !

Sudahkah Anda Tahu Budaya Bisnis di Indonesia?