Kunci Bisnis Sukses Adalah Diri Anda Sendiri



Menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, 3 dari 10 pebisnis diantaranya mengalami kegagalan. Kegagalan suatu bisnis dikatakan wajar mengingat tingginya persaingan dan kurangnya pengetahuan dalam berbisnis. Namun pada dasarnya sukses atau tidaknya sebuah bisnis bergantung pada cara pengelolaanya. 

Salah memilih bisnis tanpa pemahaman yang dalam juga akan membuat bisnis tidak berjalan lancar, tanpa adanya pengalaman dan pembelajaran maka seorang pebisnis tidak akan survive saat menghadapi kendala. Kunci pertama untuk membuat bisnis sukses adalah konsisten, ketika Anda memutuskan untuk konsisten dan fokus pada bisnis maka sebanyak apapun kendala yang dihadapi pasti Anda dapat melaluinya.

Ketika Anda sudah konsisten dan tidak tergiur dengan tawaran bisnis atau pekerjaan lain yang memaksa untuk melepas tanggung jawab terhadap bisnis rintisan tersebut, maka akan tumbuh karakter dan prinsip yang kuat. Prinsip yang kuat dalam menjalankan bisnis tersebutlah yang mengantarkan bisnis dalam kesuksesan. Dalam menjalankan bisnis Anda tidak hanya dituntut untuk menjadi jujur, tetapi juga harus bertanggung jawab. Dengan bertanggung jawab maka Anda akan berusaha maksimal demi kebaikan bisnis itu sendiri. 

Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar juga mengatakan bahwa menjalankan suatu bisnis tidak hanya memikirkan keuntungan saja, fokus kepada hasil memang penting namun jangan berlebihan, karena bisnis tidak akan selamanya berjalan mulus. Menanam sesuatu yang baik tidak selamanya akan tumbuh baik pula, ungkapan tersebut seolah menggambarkan menjalankan sebuah bisnis tidaklah semudah kelihatannya. 

Kunci bisnis yang kedua adalah tidak menyerah dan berhenti di tengah jalan. Ketika ada pebisnis yang memilih gulung tikar dan menyerah karena tidak mendapat keuntungan dan modal habis,untuk itu Anda jangan menyerah begitu saja. Dari banyaknya kegagalan dan kendala yang dialami seharusnya menjadi acuan, sebab tidak ada bisnis yang tidak menjumpai kegagalan. Lakukan improve terus menerus, berikan inovasi sekreatif mungkin dan lakukan promosi yang tidak biasa. Dengan cara cerdas dan penuh perhitungan bisnis bisa selamat.

Oleh karena itu saat memutuskan untuk berbisnis Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar menyarakankan untuk tidak fokus pada profit semata, tetapi juga imbangi dengan inovasi baru serta ambil contoh dari bisnis lain yang sukses untuk kemudian diterapkan ke bisnis Anda. Ketika bisnis Anda sudah diterima oleh masyarakat banyak dan memiliki nama, barulah Anda bisa fokus pada keuntungan. Karena pada dasarnya bisnis yang sukses itu tidak dilihat dari seberapa banyak keuntungan yang dihasilkan, tetapi seberapa jauh dan besar bisnis itu dapat berdiri. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Belajar Team Work dari Kawanan Sarden

Sudahkah Anda Tahu Budaya Bisnis di Indonesia?

Ingin Menjadi Jutawan Saat Akhir Tahun, Baca Tips Ini !