Tertarik Bisnis Kuliner? Ini Tips Suksesnya !



Banyaknya bisnis kuliner yang menjamur di beberapa kota saat ini menunjukkan bahwa bisnis kuliner memang memiliki peluang tinggi. Berbagai jenis makanan dan minuman yang baru selalu membangkitkan minat pecinta kuliner, dengan demikian maka bisnis kuliner kini sudah menjadi bisnis yang menjanjikan. Untuk Anda yang ingin mencoba bisnis kuliner dan belum ada pengalaman, maka simak tips di bawah ini

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips sukses bisnis kuliner Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar mengatakan bahwa hal mendasar yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis adalah dengan mempelajarinya terlebih dahulu. Untuk Anda yang ingin membuka bisnis kuliner sebaiknya pelajari lebih dalam tentang kuliner itu sendiri. Untuk selanjutnya terapkan tips di bawah ini,
1.       Produk Apa Yang Akan Dijual?
Hal ini merupakan hal terpenting yang harus dipikirkan sebelum membuka bisnis kuliner, tentukan makanan atau minuman seperti apa yang nantinya akan dijual. Setelah mengetahui makanan atau minuman seperti apa yang nantinya maka langkah selanjutnya adalah mendalami makanan tersebut, mulai dari bahan dasar hingga cara pembuatannya.
Dengan begitu Anda akan paham seberapa lama makanan tersebut dapat bertahan dan berapa banyak cost yang diperlukan. Jangan lupa untuk membuat produk sekreatif mungkin agar cepat diterima oleh masyarakat, sesuatu yang berbeda akan menarik minat mereka. 

2.       Tentukan Lokasi !
Setelah tahu produk seperti apa yang akan dijual, maka langkah berikutnya adalah menentukan lokasi. Pastikan produk tersebut sesuai dengan lokasi penjualan, salah memilih lokasi bisa berakibat sangat fatal.
Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar mengatakan bahwa jika produk yang Anda jual mudah disajikan dan memiliki kemasan yang bisa dibawa kemana-mana, maka lokasi yang cocok adalah area sekolahan dan area transportasi seperti terminal dan stasiun. Jika makanan yang Anda sajikan cenderung makanan berat dan butuh waktu untuk menyajikan, maka sebaiknya buka di mall atau di kantin perusahaan.

3.       Berapa Harga Produk Tersebut?
Ini adalah hal penting selanjutnya yang harus diputuskan sebelum mulai berbisnis, salah memasang harga produk bisa berakibat fatal seperti modal yang tak kunjung kembali dan keuntungan yang sangat kecil. Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar menjelaskan bahwa sebelum menentukan harga jual produk sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu, lakukan perhitungan secara detail dan matang di awal. Jangan hanya menghitung perkiraan tetapi harus melakukan perhitungan yang real agar tidak terjadi rugi. Hitung berapa modal produk, biaya produksi, gaji SDM hingga sewa tempat, semua harus dihitung secara terperinci.

4.       Maksimalkan Kualitas !
Selalu pastikan produk yang Anda jual adalah produk terbaik dan berkualitas, selalu jaga kebersihan produk dan alat produksi. Utamakan kenyamanan pelanggan dengan terus meningkatkan pelayanan. Produk yang berkualitas tidak akan pernah tergerus oleh produk baru, produk yang high quality dan selalu terjaga kualitasnya akan membuat pelanggan semakin percaya, loyal dan tak ingin berpindah ke produk lain.

5.       Promosi !
Promosi menjadi faktor penentu terpenting kesuksesan suatu bisnis, setelah menentukan produk yang akan dijual maka sekarang saatnya untuk menentukan promosi seperti apa yang cocok untuk produk tersebut. Lakukan promosi dengan menunjukan ciri khas dan kelebihan produk, jangan lupa untuk memberikan promo dan iming-iming lainnya. Sebelum masuk ke promosi berbayar seperti iklan digital dan brosur, ada baiknya untuk mempromosikan di social media pribadi Anda sendiri. Mengadakan free tester atau workshop juga bisa mengundang banyak audience dan pelanggan baru.

Demikian tips sukses untuk usaha kuliner menurut Hendri Sutadinata CEO PT Maya Muncar, selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Belajar Team Work dari Kawanan Sarden

Sudahkah Anda Tahu Budaya Bisnis di Indonesia?

Ingin Menjadi Jutawan Saat Akhir Tahun, Baca Tips Ini !